Welcome to Nur Fadlan Blog

Jumat, 19 Februari 2010

Syeih Muhammad Al- Ghozaly As- Shaqa (1335 – 1416 H / 1917 – 1997 M)


Nur Fadlan


Syeih Muhammad Al- Ghozaly lahir ditengah- tengah keluarga yang miskin serta bertempat tinggal di sebuah desa kecil, Naklaa al 'inab. salah satu daerah bagian dari muhaafadhoh Buhairah. Orang tua beliau memberi nama Muhammad Al- Ghozaly dengan harapan supaya beliau kelak bisa meneruskan jejak Imam Abu Hamid Al- Ghozaly. Seorang tokoh sufi Islam yang namanya masih mengaung hingga abat ini. Syeih Muhammad Al- Ghozali lahir sebagai kakak pertama dari tujuh bersaudara. Beliau tumbuh berkembang sebagai anak yang cerdas, tekun, rajin, serta baik tindak- tanduknya.

Dari kecil beliau sudah menekuni beberapa ilmu agama serta rajin menghafal Al- Qur'an. Pada usia yang sangat dini, sepuluh tahun, beliau sudah hatam menghafal kitab suci itu. Ilmu- ilmu agama beliau dapatkan di Ma'had Islam Alexandaria. Salah satu cabang dari Al- Azhar. Tahun 1932 beliau memperoleh syahadah Ibtida'iyah. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar beliau meneruskan kejenjang berikutnya hingga tahun 1937 syahadah Tsanawiyah pun beliau dapatkan. Pada tahun yang sama beliau bertemu dengan Syeikh Hasan al- Banna (1334-1368 H/1906-1949). Beliau adalah pimpinan jama'ah Ihwanul Muslimin.

Setelah mengenal lebih dekat kiprah jama'ah ini, Syeikh Muhammad Ghozaly pun segera bergabung dengan jama'ah. Sebagai anggota baru beliau disambut dengan hangat oleh anggota lain bahkan oleh pimpinan jama'ah ini sendiri. Bahkan beliau juga menjadi salah satu dari murid Syeikh hasan al- Banna. pimpinan jama'ah ini juga merupakan murid dari Syeikh Rosid Ridho. Syeikh Rosid Ridho adalah murid Syeikh Muhammad Abduh. Yang lebih menarik lagi Syeikh Muhammad Abduh mempunyai sanad yang sampai pada Syeikh Jamaluddin al- Afghoni. Para mujaddid ini bagaikan rantai yang saling berkesinambungan. Mulailah sejak berbaur dengan jama'ah, beliau mulai berkancah di dunia pemikiran dan pergerakan.

Disisi lain beliau menuntut ilmu di Universitas Al- Azhar fakultas usuluddin. Disamping kuliah beliau juga aktif mengikuti pengkaderan- pengkaderan para da'i. keinginannya untuk terus menggali ilmu, beliau juga mengempatkan diri untuk talaki kepada para syeikh. Beliau pernah menjadi murid Syekh Abdul Adhim al- Zarqoni, Imam Akbar Syeikh Mahmud Syaltut. Kesungguhan yang beliau miliki hingga akhirnya pada tahun 1941 M memperoleh Syahadah al- Aliyah dari Al- Azhar. Diikuti juga dengan mendapat ijazah ad- Da'wah wal Irsyad pada tahun 1943 M. itu adalah buah dari kesungguhan beliau.

Adapun bentuk dari penghikmatan beliau kepada ummah diantaranya: Syeikh Muhammad Ghozaly aktif dalam Da'wah Islamiyah selama dalam proses akademisnya. Beliau juga menjadi imam dan khotib salah satu masjid di Kairo. Pada awal tahun 1942 M beliau menjadi departemen Wakaf. Kemudian berkembang lagi menjadi seorang penasehat dan pengkaderan di departemen wakaf Mesir.

Disamping menjadi penasehat departemen wakaf beliau juga menjadi panasehat Al- Azhar Syarif. Pernah juga menjadi wakil ketua himpunan masjid- masjid. Setelah masa peralihan penghikmatan beliapun dipercaya sebagai ketua umum himpunan masjid- masjid. Karir beliau senantiasa dinamis serta direalisasikan dengan baik, hingga pada suatu ketika beliau pernah dipercaya sebagai pimpinan urusan pelatihan.

Catatan dedikasi beliau sangat banyak disamping penghikmatan di atas. Beliau juga pernah menjadi pimpinan da'wah dan pengkaderan pada tahun 1971 M. setelah beberapa tahun menjadi ketua da'wah dan pengkaderan, pada tahun 1981 M beliau dipercaya sebagai departemen wakaf urusan da'wah islamiah. Sungguh merupakan suatu catatan pengapdian yang luar biasa.

Beberapa contoh diatas hanya sebagian kancah beliau di dalam negeri. Selain itu beliau juga berhikmad di luar negeri. Semua itu beliau niatkan sebagai ibadah kepada Allah. Beliau sangat tekun walau untuk beberapa tahun berada di luar negeri. Adapun bentuk penghimatan beliau tampak pada beberapa aktivitas berikut; pada tahun 1952 – 1953 M beliau aktif di Makkah, Saudi Arabia sebagai ketua pantai asuhan mesir yang berada di Saudi. Disamping sibuk dengan aktifitas di luar negeri beliau juga tidak jemu untuk melakukan apapu demi mencerdaskan ummah. Terbukti beliau pada tahun 1982 – 1985 M beliau bersedia menjadi guru terbang di Qotar.

Disamping itu juga beliau pernah tinggal di Aljazair tepatnya pada tahun 1985 – 1988 M. Setelah tiga tahun menjadi guru terbang. Sungguh sangat luar biasa kiprah beliau tanpa pamrih dalam sumbang sih baik di dalam maupun di Negara seribu menara. Meskipun sesibuk itu syeikh Muhammad Ghozaly tetap berkiprah di masyarakat. Beliau sangat gigih serta sangat mengetahui problema yang sedang dialami rakyat. Terutama dalam hal ini adalah rakyat Mesir.

Misalnya dalam suatu khudbah beliau di Masjid Amru bin Ash yang didengar oleh sepuluh ribu jama'ah salah satu diantaranya adalah Syeikh Muhammad Abu Zahra'. Syeikh Muhammad Ghozaly menjelaskan masalah- masalah sosial rakyat mesir yang sebenarnya persepsi seperti itu tidak perlu dipertahankan, yaitu masalah perkawinan budaya muslim. Rakyat mesir memberikan beberapa yal yang sangat memberatkan pribumi mengenahi sulitnya melangsungkan pernikahan. Permasalahan ini menurut beliau adalah sangat tidak masuk akal. Beliau memberi analog "syarat yang terlalu berat untuk melangsungkan pernikahan, serta poligami tidak diperhatikan".

Mengenai karangan beliau sangat luar biasa. Dalam sebuah catatan dinytakan bahwa catatan beliau sangat istimewa. Disamping istimewa beliau berhasi mengkolabiraseran antara tex dan makalah. Dalam usia yang sangat pendek beliau berhasil membuat karya sebanyak lima puluh lima judul yang berbeda. Salah satu kitabnya adalah Hulqu- Quran, Laisa min Islam sewrta banyak lagi.

Pada usia senjanya beliau pernah berwasiat kepada para familinya. Wasiat beliau adalah "supaya kalau meninggal kelak beliau meminta di makamkan dekat nabi Muhammad SAW. Akhirnya tepat pada tahun 1997 beliau dipanggil Allah untuk memperoleh balasan apapu selama mengarungi kehidupan di dunia. Makam beliau berada di Madinah Saudi Arabia.




0 komentar:

Posting Komentar